Home » , , , , » 3 Spot Surfing Populer di Indonesia

3 Spot Surfing Populer di Indonesia

3 Spot Surfing Populer di Indonesia - Surfing adalah olahraga air yang paling populer didunia. Terbukti banyak wisatawan dari seluruh penjuru dunia berbondong-bondong mencari spot surfing yang paling cocok. Surfing juga mulai masuk di Indonesia dan semenjak itu banyak masyarakat Indonesia yang tertarik dengan olahraga Surfing tersebut.

Banyak sekali spot surfing di Indonesia yang mempunyai jenis ombak yang beragam. Mulai dari ombak yang hanya cocok untuk pemula, ada juga ombak yang cocok untuk mereka yang sudah profesional. Bahkan tidak jarang pula disemua spot surfing tersebut diadakan perlombaan lokal maupun internasional.

Berikut adalah 3 Spot Surfing Populer di Indonesia yang telah terangkum dalam peringkat yang menurut Saya patut untuk Anda coba.

#3 Pulau Nusa Penida, Bali

Bali adalah pulau yang sangat memikat wisatawan, begitupun para peselancar dunia yang datang kebali hanya ingin mencoba sensasi ombak yang diberikan. Pulau yang paling populer di Bali khususnya bagi para Surfer dunia adalah Pulau Nusa Penida. Pulau Nusa Penida adalah pulau kecil yang terletak ditenggara pulau bali yang dipisahkan oleh selat Badung.

Biasanya para Surfer lebih suka memilih spotnya sendiri di Pulau tersebut, guna tidak merasa terganggu dengan wisatawan lain. Karena memang di Daerah Pulau ini terdapat spot snorkling yang tak kalah populer dengan Pulau Nusa Penida, seperti Penida Bay, Manta Point, Batu Meling, Batu Lumbung, Batu Abah, Toyapakeh, Malibu Point.

#2 Pulau Mentawai, Sumatra Barat

Pantai ini memiliki ombak yang sangat fantastis dan sangat populer dikalangan para surfer profesional. Tak heran jika pantai ini ramai dikunjungi oleh para surfer dunia. Pantai ini juga mempunyai bibir pantai yang cukup luas dan ombak yang cukup panjang pula. Jadi bagi Anda surfer pemula tidak disarankan untuk bermain surfing dipantai ini.

#1 Pantai Plengkung, Banyuwangi

Urutan pertama diduduki oleh Pantai Plengkung yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Pantai ini memiliki ketinggian ombak yang sangat tinggi yaitu 4 meter lebih. Dan jika Anda sedang beruntung Anda akan menemukan ombak ganda atau yang lebih populer disebut dengan double strike. Bahkan pantai ini sering disebut sebagai hawainya indonesia. Karena memang mempunyai ombak yang cocok untuk mereka surfer profesional.

3 Spot Surfing Populer di Indonesia
Bahkan banyak yang berpendapat bahwa Pantai Plengkung adalah pantai yang mempunyai ombak terbesar setelah Hawai. Karena memang spot surfing ini berhadapan langsung dengan Samudra Hindia yang luas.

Pantai Plengkung atau yang sering disebut dengan G-Land adalah pantai yang berdampingan langsung dengan Taman Nasional Alas Purwo yang terkenal dengan kekayaan hayatinya. Kata G-Land sendiri berasal dari kata Grajagan Land karena memang dekat dengan selat grajagan, dan disebut juga Green Land karena memang dekat dengan Taman Nasional Alas Purwo.

Sebenarnya masih banyak sekali spot-spot surfing yang populer di Indonesia. Namun menurut Saya spot diatas adalah spot yang paling populer dikalangan para surfer profesional dunia. Dan dengan begini, sepatutnya kita harus bangga dengan negara kita yang kaya akan budaya dan tempat-tempat yang fantastis seperti halnya spot surfing yang sudah Saya sebutkan diatas.