Home » , , , » Fakta Unik Pantai Grajagan

Fakta Unik Pantai Grajagan

Fakta Unik Pantai Grajagan - Pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan Pantai Coko atau yang sering disebut dengan Pantai Grajagan bukan? Banyak sekali hal unik yang tersimpan dipantai yang mempunyai pasir berwarna hitam nan lembut ini. Dengan deburan ombak yang bergumuruh khas, angin yang lembut mengenai kulit, Saya yakin Anda akan merasakan Surga Dunia.

Pantai Coko berasal dari kata “COCO” (Coconut) atau yang berarti Kelapa, karena memang Pantai ini dulunya banyak ditumbuhi oleh pohon kelapa. Namun seiring dengan bertambahnya jaman, pohon kelapa digantikan dengan beberapa macam pohon besar yang semakin membuat pantai ini menjadi sejuk. Anda masih bisa menemukan pohon kelapa yang memang dijaga untuk keperluan pengunjung yang hendak memetiknya.

#1 Goa Pengintai Jepang

Pantai ini juga terdapat sebuah Goa Pengintai Jepang yang terletak tepat dibawah gunung bertingkat dipantai Grajagan. Saat Anda memasuki Goa ini, maka disaat itu juga Anda akan menemukan lubang kecil yang dulunya digunakan untuk mengintai tentara-tentara musuh jepang.

Lebar Goa ini adalah 2x3 Meter dengan ketinggian Goa mencapai 2 Meter. Goa yang terbuat dari berbagai macam jenis batu dan jenis perekat yang unik ini, setiap hari ramai dikerumuni oleh pengunjung mulai dari yang hanya ingin berfoto hingga yang penasaran dengan isi didalam goa ini. Dan sedikit untuk informasi, sebaiknya Anda menggunakan Masker atau penutup mulut dan hidung ketika Anda hendak memasuki Goa ini. karena memang didalam Goa terdapat aroma yang kurang sedap.

#2 Paras Gempal

Paras Gempal adalah tempat bersandarnya jukung-jukung nelayan. Disini Anda dapat menemukan banyak sekali jukung nelayan yang unik. Selain itu Anda bisa membeli ikan nelayan yang tentunya ikan yang segar, karena memang ikan yang baru saja ditangkap.

Disini Anda juga dapat menemukan pantai yang unik karena memang banyak sekali batu pantai yang unik, batu ini sering disebut Paras Gempal. Paras yang artinya batu pantai dan Gempal yang berarti besar dan kuat. Anda dapat mencari kepiting kecil yang bersembunyi dicelah-celah batu tersebut. Dan ketika Anda mencari kepiting, sebaiknya Anda memperhatikan ombak yang datang. Bisa-bisa Anda akan kecipratan air pantai yang tiba-tiba datang.

#3 Watu Kuluk Minak Kuncar

Watu Kuluk Minak Kuncar adalah batu unik yang menyimpan cerita yang unik. Menurut warga setempat, batu tersebut adalah topi Legender (Paman Damarwulan) yang jatuh dan mengeras diatas batu besar. Watu Kuluk Minak Kuncar berbentuk persegi.

Uniknya, batu ini tidak terjatuh kebawah walaupun posisinya dipinggir. Batu ini dulunya pernah diturunkan dari tempatnya oleh penduduk setempat, karena memang posisi batu yang berbahaya bagi pengunjung yang datang. Namun, pada esok harinya batu ini kembali ketempat semula padahal tidak ada orang yang mengembalikan batu ini. Tapi beberapa waktu lalu batu ini telah jatuh dan tidak kembali lagi, entah kenapa?

Memang banyak sekali hal-hal unik lainnya yang tersimpan di Desa Grajagan ini. Namun Saya tidak dapat menulis semua karena menurut Saya hal-hal unik diataslah yang paling unik dibanding hal unik lainnya :D.  Selain itu Anda akan menemukan Musholla, Wahana Permainan Anak, Pura, Hotel/Penginapan dipantai ini.

Mungkin hanya sampai disini saja pertemuan kita kali ini mengenai Fakta Unik Pantai Grajagan. Bagi Anda seorang Traveller tidak ada salahnya untuk datang dipantai Grajagan, pantai yang mempunyai banyak sekali kebudayaan.